Definisi dan Komponen Penginderaan Jauh (Inderaja)

Penginderaan jauh atau inderaja adalah salah satu bagian dari geografi teknik yang terus berkembang saat ini.

Lillesand dan Kiefer mendefiniskan inderaja adalah ilmu dan seni untuk mendapatkan informasi suatu objek, tempat atau fenomena dengan menggunakan suatu sensor tanpa kontak langsung dengan objek tersebut.

Bagaimana mekanisme atau proses inderaja itu sendiri?. Inderaja melibatkan komponen tenaga, atmosfer, objek, interaksi tenaga dan objek, sensor, wahana, data dan penggunaan data.

1. Tenaga
Tenaga penginderaan jauh utama adalah cahaya. Objek dapat terlihat karena ada cahaya yang dipantulkan oleh objek tersebut.

Tenaga inderaja alami adalah matahari. Inderaja yang menggunakan tenaga matahari dinamakan sistem pasif sementara yang menggunakan tenaga buatan disebut sistem aktif.

2. Atmosfer
Lapisan udara berperan sebagai media rambat cahaya atau gelombang elektromagnetik. Terdapat jendela atmosfer yang membatasi bagian panjang gelombang yang bisa sampai ke permukaan bumi.

Hambatan dalam jendela atmosfer adalah hamburan pada spektrum tampak dan serapan pada spektrum inframerah termal.

3. Objek
Objek adalah segala sesuatu yang ada di permukaan bumi baik alami atau buatan yang menjadi sasaran perekaman inderaja. Contoh objek alami inderaja adalah pegunungan, lautan, sungai, pantai sementara objek buatan adalah gedung, jalan raya, rumah, jembatan.

4. Interaksi Tenaga dengan Objek
Interaksi tenaga dengan objek akan memicu perbedaan hasil rekaman. Setiap objek punya karakteristik tertentu dalam memancarkan dan memantulkan tenaga ke sensor. Misalnya objek yang memantulkan banyak tenaga akan tampak cerah, sementara objek yang memantulkan sedikit tenaga akan tampak gelap pada citra.

5. Sensor
Sensor inderaja adalah alat yang digunakan untuk merekam objek. Kemampuan sensor menangkap gambar atau objek dinamakan resolusi spasial. Citra inderaja resolusi tinggi menunjukkan gambar dengan detail dan jelas. Sensor inderaja terbagi menjadi sensor fotografik dan sensor elektromagnetik.

6. Wahana
Wahana diperlukan untuk membawa sensor inderaja. Contoh wahana inderaja adalah satelit, pesawat terbang, balon udara dan drone.

7. Perolehan Data
Data inderaja dapat dilihat secara visual maupun digital. Data visual inderaja merupakan data analog dalam bentuk gambar. Data digital inderaja merupakan hasil rekaman dalam bentuk angka dan diolah menggunakan komputer.

8. Penggunaan Data
Data inderaja digunakan untuk berbagai keperluan terkait analisa keruangan. Data tersebut diolah melalui proses interpretasi atau penerjemahaan terlebih dahulu. Ada 8 unsur spasial citra inderaja yang biasa digunakan untuk menginterpretasi citra inderaja. Baca juga: 8 unsur spasial citra
Contoh citra inderaja fotografik

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama