Faktor Pembentukkan dan Perkembangan Tanah

Tanah adalah bahan bentukkan alam yang berasal dari pelapukan batuan. Ada banyak sekali jenis tanah di permukaan bumi ini.

Tanah sangat vital sekali bagi kehidupan di planet biru ini. Tanpa adanya tanah maka akan sulit sekali tercipta kehidupan sekompleks sekarang.

Variasi jenis tanah sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor tersebut diantaranya waktu, geologi, relief, drainase, iklim dan manusia.
Tanah humus

1. Waktu.
Dibutuhkan setidaknya 1.000 tahun untuk menghasilkan tanah dengan ketebalan 1 cm. Jadi proses pembentukkan tanah sangat dipengaruhi waktu. Semakin lama umur tanah maka biasanya akan memperlihatkan horizon yang lengkap, dengan catatan belum mengalami erosi sama sekali.

2. Geologi
Mineral pembentuk tanah dihasilkan dari pelapukan fisika dan pelapukan kimia. Contohnya tanah terarosa berasal dari batu gamping, sementara tanah pasir berasal dari pelapukan batupasir.

3. Relief
Relief permukaan bumi ada yang datar dan ada yang curam. Hal tersebut sangat mempengaruhi perkembangan tanah di daerah tersebut. Gravitasi dan suhu akan mempengaruhi kecepatan erosi dan pelapukan.

4. Drainase
Kondisi aliran air dalam tanah akan memengaruhi perkembangan tanah pada suatu wilayah. Tanah yang banyak mengandung air akan cenderung lembab dibandingkan tanah yang sulit meloloskan air.

5. Iklim
Daerah beriklim tropis tentu akan kaya curah hujan sehingga tanah akan lebih basah, lembab dan kaya air. Berbeda dengan tanah di daerah padang pasir misalnya yang kering, panas dan tandus. Perkembangan mahluk hidup lebih dominan di daerah bertanah lembab dan basah dibanding daerah tanah kering.

6. Vegetasi
Tipe dan jumlah vegetasi yang menutupi tanah akan berdampak pada kandungan humus di daerah tersebut. Daerah basah seperti hutan hujan akan kaya mineral organik.

7. Manusia
Manusia dapat merubah struktur lahan beserta tanah diatasnya. Kita sering menggali tanah, mengeruk tebing untuk kepentingan tertentu. Hal ini akan merubah struktur tanah yang telah ada sebelumnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama