Pengertian Ilmu Ekonomi Berbagai Ahli

Ekonomi adalah salah satu rumpun ilmu sosial yang penting dipelajari manusia. Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani oikonomia artinya manajemen rumah tangga.

Secara kata adalah oikos artinya keluarga atau rumah tangga dan nomos adalah peraturan, aturan atau hukum. Oikonomia adalah aturan masyarakat sebagai hukum kodrat yang menetapkan rumah tangga yang baik.

Tanpa ekonomi maka rumah tangga manusia atau negara akan berantakan. Ekonomi berkaitan dengan bagaimana rumah tangga menggunakan dana terbatas dengan hati-hati.

Itulah mengapa menteri ekonomi negara akan sangat hati-hati mengelola dana masyarakat agar bisa benar-benar bermanfaat bagi rakyat.
Pengertian ekonomi 
Para ahli lain kemudian mengembangkan definisi ekonomi yaitu sebagai berikut:

1. Adam Smith mengatakan ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.
2. J. B Saya mengatakan bahwa ekonoi adalah suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan.
3. J.S Mill mengatakan ekonomi adalah ilmu praktis tentang produksi dan distribusi kekayaan.
4. Alfred Marshall mengatakan ekonomi adalah ilmu studi tentang umat manusia dalam usaha mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengan pencapaian dan penggunaan kesejahteraan sosial.
5. Penson mengatakan ekonomi adalah ilmu kesejahteraan material.
6. Lionel Robbins mengatakan ekonomi adalah ilmu mempelajari perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan dan sarana yang langka yang memiliki banyak alternatif kegunaan.
7. Richard G. Lipsey mengatakan ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.
8. N. Gregory Mankiw mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka.
9. Robert B. Ekulend Jr dan Robert D. Tollison mengatakan ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang memiliki keinginan yang tidak terbatas memilih dan mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.
10. Paul. A. Samuelson mengatakan ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetatpi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai cara komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama