6 Karakteristik Fisik Tanah

Kalian tentu sering melihat tanah bukan di lingkungan sekitar rumah?. Coba lihat dengan mata kalian pasti hal pertama yang nampak adalah warna tanah.

Warna tanah adalah salah satu sifat fisik tanah. Tapi ada banyak lagi sifat fisik tanah selain warna. Coba lihat penjelasannya berikut ini.

1. Keasaman tanah.
Tanah yang subur adalah tanah yang punya level keasamaan yang sesuai karena ada beberapa tanah yang memiliki pH kurang dati 7,0 (asam) dan tanah yang memiliki nilai pH lebih dati 7,0 (basa). 

Untuk lahan pertanian, tanah yang cocok adalah yang memliki pH netral atau di angka 7,0. Salah satu cara menetralkan pH tanah adalah dengan memberikan kapur di atas tanah.

2. Warna tanah
Salah satu sifat tanah yang mudah dilihat adalah warna. Warna tanah berbeda-beda di setiap tempat karena kadar bahan organik dan mineral tanah tersebut.

Semakin gelap tanah maka kandungan bahan organiknya semakin tinggi dan termasuk tanah subur dan bagus untuk pertanian.

Jika warna tanah semakin terang maka kandungan humus semakin miskin dan biasanya lebih banyak kandungan besi dan alumunium.. Urutan warna tanah berdasarkan tingkat kesuburannya adalah hitam, cokelat, merah, abu-abu, kuning dan putih.

3. Tekstur tanah
Tekstur tanah adalah ukuran kekasaran partikel tanah yaitu pasir, debu dan liat. Tanah bertekstur lempung atua liat akan bersifat lengket dan menyerap air banyak sehingga sulit diolah. 

Sementara itu tanah yang bertekstur sedang adalah tanah yang memiliki perbandingan pasir, debu dan lempung yang hampir seimbang sehingga cocok untuk pertanian.

4. Struktur tanah
Struktur tanah adalah ikatan butiran-butiran pasir, debu dan liat sehingga membentuk gumpalan seperti berbutir, lempengan, kubus, remah dan prisma. Contoh struktur tanah bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Contoh struktur tanah
5. Permeabilitas tanah
Permeabilitas adalah kemampuan tanah dalam menyerap air. Tanah pasir memiliki pori-pori lebih kasar dari tanah liat sehingga sulit menahan air sehingga rentan kekeringan. 

6. Konsistensi tanah
Konsistensi tanah berpengaruh pada teknik pengolahan tanah. Pada tanah basah, tanah dapat dibedakan menjadi tanah gembur dan tanah teguh. Dalam keadaan kering, tanah dibedakan menjadi tanah lunak dan tanah keras.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama