Panduan Membuat surat lamaran kerja | Sebagai lankah awal mencari pekerjaan pada suatu perusahaan yang menyediakan lowongan kerja, Biasanya harus dimulai dengan membuat surat lamaran kerja. Baik itu perusahaan umum, Sekolahan/pendidikan , CPNS, buruh, dan sebagainya, pasti semuanya memerlukan yang namanya cv lamaran kerja.
Memang tidak seberapa sulit untuk membuatnya tetapi akan membutuhkan waktu untuk menyusun dan merangkaian kalimat-kalimat, sehingga membentuk sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar, karena hal ini akan memberikan kesan pertama yang baik terhadap diri kita dan perusahaan dan menambah peluang untuk diterima menjadi salah satu karyawannya.
Kesan pertama dari sebuah surat lamaran kerja tentu akan sangat menentukan langkah selanjutnya dari hal melamar kerja anda, bayangkan saja jika surat lamaran yang anda buat tidaklah baik, kalimatnya tidak rapi, bertele-tele dan juga kurang menarik, saya kira pihak HRD perusahaan akan langsung melewati dan akan menolak surat lamaran kerja anda tanpa membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran anda dan bahkan andal tidak akan dipanggil untuk proses selanjutnya. Hal seperti inilah yang harus kita perhatikan.
Panduan Membuat Lamaran Kerja |
Untuk itulah saya akan memberikan tips atau panduan kepada anda dalam membuat surat lamaran kerja dan disertai dengan contoh surat lamaran kerja untuk dapat anda tiru sehingga sehingga anda dapat membuat surat lamaran kerja sendiri
Sebuah surat lamaran kerja tidak serta merta asal membuatnya tetapi harus memperhatikan format, maupun tata cara penggunaan bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya agar menjadi lebih lancar, maka dari itu sebelum membuat surat lamaran kerja tersebut anda perlu mempersiapkan dan memperhatikan panduan seperti di bawah ini :
1. 1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar
Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul dan bahasa yang tidak patut dicantumkan.
Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul dan bahasa yang tidak patut dicantumkan.
2. 2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri dan jangan menggunakan yang kotor yang bisa merugikan diri anda sendiri.
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri dan jangan menggunakan yang kotor yang bisa merugikan diri anda sendiri.
3.
3. Usahakan menulis manual dengan rapi
Karena saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual /tulis tangan, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri.
4. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda harus rapid an bersih.
4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan yang akan anda lamar.
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan yang akan anda lamar.
5. 5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika anda mempunyai sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda untuk dip roses ke tahap selanjutnya.
Jika anda mempunyai sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda untuk dip roses ke tahap selanjutnya.
Sebenarnya inti dari sebuah surat lamaran kerja itu dibagi atas 3 bagian, sebagai berikut :
- Bagian pembuka
- Bagian isi atau uraian
- Bagian penutup
1) Bagian Pembuka
Pada bagian ini terdiri atas sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar, Bagian lowongan kerja yang ingin ditempati ( diinginkan si pelamar )
Pada bagian ini terdiri atas sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar, Bagian lowongan kerja yang ingin ditempati ( diinginkan si pelamar )
2) Isi atau Uraian
Pada bagian ini menjelaskan bahwa si pelamar kerja sudah memenuhi persyaratan yang diinginkan perusahaan, selain itu memberikan informasi biodata tentang biodata si pelamar kerja serta keterampilan/kemampuan yang dimilikinya untuk menunjang posisi yang diinginkan.
3) Penutup
Bagian ini berisi harapan dari si pelamar kerja tentang proses selanjutnya dengan disertai pula ucapan terimakasih.
Bagian ini berisi harapan dari si pelamar kerja tentang proses selanjutnya dengan disertai pula ucapan terimakasih.
Uraian mulai dari atas tadi adalah panduan untuk membuat surat lamaran kerja. Sebuah surat lamaran kerja sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya, Tetapi Anda perlu melakukan dengan baik dan benar mengikuti kaidah maupun tata cara penulisan yang tepat seperti dijelaskan di atas. Oleh karena itu agar lebih mudah membuatnya, Anda perlu memperhatikan contoh surat lamaran kerja yang ada di bawah ini dan lakukan latihan terlebih dahulu hingga berhasil menulisnya dengan baik dan benar, setelah berhasil melakukan latihan, maka buatlah surat lamaran yang bagus, tentunya baik dan benar.
Hal : lamaran pekerjaan
Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia
PT. Maju Terus Pantang Mundur
Jl. Raya A. Yani Surabaya
Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia
PT. Maju Terus Pantang Mundur
Jl. Raya A. Yani Surabaya
Di Surabaya
Dengan hormat,
Berikut ini adalah data singkat saya
Nama : Satriyo
Tempat / tgl. lahir : Jakarta, 05 mei 1995
Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Informatika
Alamat : Jl. Raya Pagesangan Surabaya
Telepon (HP) : 081234967891
Status : Lajang
Keadaan kesehatan saya saat ini sangat baik dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu MS Office Word, Excell, PowerPoint, dan beberapa macam software perkantoran lainnya.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan Kualifikasi sebagai berikut :
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Maju Terus Pantang Mundur yang saya dapatkan dari Radar Surabaya pada tanggal 15 Juli 2016. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung dengan perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Maju Terus Pantang Mundur.
Berikut ini adalah data singkat saya
Nama : Satriyo
Tempat / tgl. lahir : Jakarta, 05 mei 1995
Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Informatika
Alamat : Jl. Raya Pagesangan Surabaya
Telepon (HP) : 081234967891
Status : Lajang
Keadaan kesehatan saya saat ini sangat baik dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu MS Office Word, Excell, PowerPoint, dan beberapa macam software perkantoran lainnya.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan Kualifikasi sebagai berikut :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru
6. Surat Keterangan Kepolisian (SKCK)
Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.
Demikian surat lamaran kerja ini. Atas perhatian Bapak/Ibu Saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Siswono Suryo
Demikianlah panduan membuat surat lamaran kerja besertac ontohnya, selamat mencoba dan semoga anda dapat membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Agar panduan ini dapat bermanfaan bagi saudara kita yang lainnya mohon di sharing ke yang lainnya. Terima kasih atas kunjungannya :)
Tags:
Surat Lamaran Kerja